Saturday, July 16, 2016

Cara cepat menjadi gitaris ROCK

Cara Cepat Menjadi Gitaris ROCK
Sebelum anda lanjut membaca artikel ini saya menekankan agar anda memiliki gitar pribadi.
Okey kita langsung latihan.

enginjak tahun 1990-an, pada tataran tertentu permainan gitar tingkat tinggi mengalami kemunduran, contohnya Kurt Cobain dan Noel Gallagher mereka disukai karena permainan gitar dan musiknya, meskipun sebenarnya keduanya bukanlah pemain yang mahir. Tapi menurut saya pribadi, mungkin lebih disebabkan karena kejenuhan pendengar saja. Oke sementara ini dulu yang saya sampaikan, untuk postingan selanjutnya nanti ada tablature dari riff-riff yang oke punya.
Seperti yang telah saya janjikan maka akan saya lanjutkan kembali tulisan ini. Sebelum kita memainkan riff-riff rock yang oke punya maka terlebih dahulu kita harus pelajari dahulu tablature dan cara membacanya. Karena nanti akan kita gunakan untuk berlatih dan memainkannya. Alasan kita menggunakan tab (tablature) adalah karena kebanyakan pemain gitar malas untuk belajar membaca notasi musik, sedangkan membaca tab lebih mudah dan sederhana. Berikut ini kita akan menemukan notasi tab dan treble clef (kunci untuk not-not wilayah tinggi) disertai tips cara memainkannya.
CARA MEMBACA TREBLE CLEF
Nada pada garis paling bawah treble clef adalah E tengah–yaitu nada E pada fret kedua dawai D. Garis paling atas adalah F (fret pertama, dawai E tinggi).
CARA MEMBACA TAB
Enam garis mewakili dawai-dawai–dawai yang paling tebal (rendah) berada di bagian paling bawah. Sedangkan angka untuk menunjukkan posisi fret. Misalnya angka 2 pada garis ke empat dari atas, maka maksudnya adalah jari kita letakkan pada dawai keempat, fret kedua.
Tips Ritem Gitar Rock
1. Gunakan pick, sebaiknya gunakan kocokan ke bawah, bukan ke atas.
2. Jangan kocok semua senar terus-menerus. Kebanyakan bagian ritem rock hanya menggunakan dawai-dawai bas
3. Jangan terlalu banyak reverb, karena membuat suara keseluruhan menjadi campur baur.
4. Gunakan power kord, hindari kord mayor terbuka seperti G, C, D, dan lain-lain.
5. Mainkan kocokan gitar dekat pickup bawah atau bridge lalu mainkan dengan palm-mute. maka suara gitar akan terdengar lebih berat.



2 comments: